Senin, 26 November 2012

INDONESIA pernah ditetapkan sebagai negara yang penduduknya paling sering tersenyum dalam kondisi apa pun. Titel ini tentu cukup membanggakan, karena menjadi simbol bahwa negeri ini dikenal ramah dan selalu ceria walau harga-harga melambung tinggi.
Tersenyum tidak hanya membuat wajah terlihat lebih segar, namun juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan.
Berikut beberapa di antaranya.
1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Tersenyum mampu mendorong sistem kekebalan tubuh untuk bekerja dengan lebih baik. Saat tersenyum, Anda akan merasakan sensasi rileks yang dihasilkan oleh fungsi imun yang melonjak tinggi. Sensasi rileks ini juga dihasilkan oleh tekanan darah yang menurun saat tersenyum. Cobalah mengukur tekanan darah sambil tersenyum dan dalam kondisi pikiran yang santai. Tersenyum selama 1 menit dapat membuat tekanan darah lebih rendah dari biasanya.
2. Senyum lebih mudah dari cemberut
Tahukah Anda, diperlukan usaha lebih keras untuk cemberut ketimbang tersenyum. Dibutuhkan otot wajah yang lebih sedikit saat tersennyum ketimbang cemberut. Saat Anda cemberut ada 43 otot yang bekerja, sedangkan untuk tersenyum hanya dibutuhkan 17 otot saja. Makanya, cemberut bisa membuat keriput lebih cepat muncul karena otot terlalu sering berada dalam kondisi tegang.
3. Senyum meghilangkan bad mood
Tersenyum juga bisa membuat Anda terhindar dari bad mood. Hanya dengan sekali senyum, suasana hati Anda akan membaik dari sebelumnya. Bahkan jika senyum dengan terpaksa sekalipun, Anda masih dapat merasa lebih baik dari sebelumnya. Kondisi ini disebabkan oleh dorongan hormon dalam otak yang membuat pikiran jauh lebih positif.
4. Obat alami bagi tubuh
Riset membuktikan, saat Anda tersenyum, tubuh melepaskan endorfin, serotonin, dan senyawa yang dapat mengurangi rasa sakit. Ketiganya membuat pikiran menjadi lebih positif, sekaligus menjadi obat alami bagi tubuh. Maka jangan sepelekan saran untuk memandang hidup dengan pemikiran positif. Terlalu cemas dan panik dengan segala sesuatu hanya akan membuat pikiran tidak karuan.
5. Membuat wajah awet muda
Perhatikan wajah orang-orang paruh baya yang lebih sering cemberut ketimbang tersenyum. Wajahnya memiliki kerut-kerut tanda penuaan di bagian tertentu, khususnya garis bibir dan kening. Banyaknya keriput di kening menunjukkan terlalu sering mengernyitkan dahi tanda marah atau kesal. Bibir yang terlalu sering ditekuk ke bawah juga akan meninggalkan bekas-bekas keriput di pipi, dagu, dan garis bibir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar